PT Semen Grobogan Dinilai PHP - GROBOGAN TOP NEWS

PT Semen Grobogan Dinilai PHP

GROBOGAN (Top News) -  PT Semen Grobogan yang berencana membangun pabrik semen berskala nasional di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dinilai warga desa itu, hanya pemberi harapan palsu (PHP). Sebab sejak ratusan tanah warga dibebaskan tahun 1990, sampai sekarang PT Semen Grobogan belum ada tanda-tanda pasti merealisasikan janjinya, yaitu membangun pabrik semen berskala nasional di Desa Sugihmanik.
Tahun 1990-1992 setelah semua tanah warga selesai dibebaskan, PT Semen Grobogan menyatakan akan langsung mendatangkan peralatan berat dari China, Jepang dan negara lainnya untuk pembangunan pabrik. Bahkan Gedung SD Sugihmanik yang berada di lokasi pabrik, langsung dipindahkan ke tempat lain karena PT itu akan segera membangun tempat pengolahan semen dan gudang berkapasitas besar. Di Desa Sugihmanik.
‘’Saat itu Bupati Grobogan dipegang Kolonel TNI Mulyono,’’ kata beberapa warga Sugihmanik. Setelah itu Bupatinya ganti Kolonel TNI Turmudi Soewito. Namun PT Semen Grobogan hanya janji-janji melulu. Bahkan berhembus kabar, bahwa pemegang saham PT Semen Grobogan ribut  mempersoalkan investasi dari pabrik tersebut hingga akhirnya rencana pembangunan pabrik semen mangkrak hingga Bupati Grobogan Turmudi Soewito pensiun.
Giliran Bupatinya Agus Supriyanto dari PDIP, PT Semen Grobogan kembali hanya memberikan janji-janji harapan palsu. Kemudian Bupati Grobogan dipegang Bambang Pudjiono dua tahun berturut-turut, PT Semen Grobogan malah menghilang tak terdengar lagi keberadaannya. Setelah Bupatinya ganti Sri Sumarni dari PDIP, PT Semen Grobogan tiba-tiba mengajukan perpanjangan ijin mendirikan bangunan (IMB) ke Pemkab Grobogan.
Bupati Grobogan Sri Sumarni sempat mengancam mencabut ijin semen PT Grobogan Semen bila tak segera merealisasikan pembangunan pabriknya. Karena sudah bertahun-tahun mangkrak seperti halnya PT Harapan Semen yang lokasinya berdampingan dengan PT Grobogan Semen. Tanah yang telah dibebaskan PT Harapan Semen kini dikuasai Pemkab Grobogan. Karena sudah 20 tahun lebih tak dapat merealisasikan pembangunan pabrik semen seperti ijin yang diajukan.
 IMB PT Semen Grobogan habis 26 Mei 2016. Oleh Pemkab Grobogan ijinnya diperpanjang dan PT Grobogan Semen lagi berjanji setelah Lebaran 2017 segera melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabriknya. Namun hampir tiga minggu usai Lebaran, PT itu belum ada tanda-tanda membangun pabrik semen berskala nasional di Sugihmanik.
Adalah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Grobogan HM Nur Wibowo, yang menyesalkan perpanjangan ijin PT Semen Grobogan itu. Sebab puluhan tahun lalu sampai sekarang PT tersebut hanya memperpanjang dan memperpanjang ijin.  (syam/TN)


PT Semen Grobogan Dinilai PHP PT Semen Grobogan Dinilai PHP Reviewed by samsul huda on July 17, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD