Pimpinan DPR Sepakat Setya Novanto Bertahan - GROBOGAN TOP NEWS

Pimpinan DPR Sepakat Setya Novanto Bertahan



JAKARTA (Top News) - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat mempertahankan Setya Novanto meduduki kursi ketua, meskipun tengah menyandang status tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).
Keputusan mempertahankan Setya Novanto diambil dalam rapat pimpinan yang diikuti Novanto, dengan para Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan.
"Tidak ada perubahan konfigurasi, pimpinan DPR tetap seperti sekarang ini," kata Fadli Zon kepada awak media di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/7/2017)
Setya Novanto, lanjut Fadli, akan tetap menjadi ketua, kecuali ada perubahan keputusan dari Partai Golkar yang mengusungnya. Kedudukan Novanto masih sebagai Ketua DPR disebut merujuk pada Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3).
Kepala Badan Keahlian DPR RI, Kadir Johnson Rajagukguk mengatakan, status tersangka Novanto tak akan berpengaruh terhadap kedudukannya sebagai Ketua DPR.
Dalam UU MD3 pasal 87 ayat 2 huruf c, disebutkan bahwa pemberhentian pimpinan DPR dapat dilakukan jika yang bersangkutan telah dinyatakan bersalah berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap atau inkracht.
Pemberhentian itu pula hanya dapat dilakukan jika yang bersangkutan terbukti bersalah melakukan tindak pidana yang diancam pidana penjara lima tahun atau lebih.
"Karena ini masih tersangka tentu tidak ada pengaruh terhadap kedudukan Pak Novanto sebagai Ketua DPR," kata Johnson.
Sementara itu Setya Novanto mengatakan penetapan tersangka terhadap dirinya akan didiskusikan kepada para pengacara. Dia menegaskan beberapa saksi seperti Andi Narogong telah menyatakan tak memberikan uang kepadanya.
"Saya tidak pernah menerima karena uang Rp 574 miliar. Itu besarnya bukan main. Saya mohon betul-betul jangan sampai kami mendapat penzaaliman," kata Setya Novanto. Penetapan Novanto sebagai tersangka menuai reaksi dari sebagian publik yang mendesak dirinya mundur dari kursi Ketua DPR. (syam/TN)


Pimpinan DPR Sepakat Setya Novanto Bertahan Pimpinan DPR Sepakat Setya Novanto Bertahan Reviewed by samsul huda on July 18, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD