Polri Tindak Tegas Pelaku Persekusi - GROBOGAN TOP NEWS

Polri Tindak Tegas Pelaku Persekusi


JAKARTA (Top News) - Wakil Presiden Jusuf  Kalla (JK) meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menindak tegas para pelaku persekusi, atau tindakan sewenang-wenang memburu warga sipil, yang belakangan marak dilakukan oleh organisasi masyarakat (ormas) di Indonesia.
"Main hakim sendiri dilarang. Saya kira polisi sudah tegas menangani itu, dan pelaku perkusi memang harus ditegasi karena mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat,’’ kata Wapres JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta.
JK mengatakan hal itu menangapi maraknya persekusi atau main hakim sendiri yang dilakukan ormas. Namun demikian, Wapres tidak sepakat dengan laporan Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) yang mendesak pemerintah serius meghentikan maraknya persekusi oleh Front Pembela Islam (FPI) pasca vonis Ahok sebab hal itu telah menyebar ke banyak daerah.
Wapres JK berpendapat jumlah kasus-kasus persekusi sudah menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab Polri tidak membiarkan hal itu terjadi dan telah menangkap dan menindak  menindak para pelaku persekusi,
‘’Polri juga harus melindungi setiap warga negara sebagaimana kewajibannya,’’ katanya.
JK menilai, jumlah korban persekusi jauh menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Lebih-lebih setelah Polri dan jajarannya mencegah dan menindak para pelakunya.
Akhir pekan kemarin, Safenet, sebuah jaringan relawan pemerhati isu kebebasan ekspresi warganet di Asia Tenggara, menilai maraknya aksi persekusi terhadap pengguna media sosial di Indonesia sebagai "Ahok Effect", atau menjamur setelah kasus penodaan agama terkait Surat Al Maidah memenjarakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Safenet mencatat persekusi "Ahok Effect" telah menimpa sekitar 40 orang di Indonesia. Contoh terakhir yang populer ialah persekusi massa FPI terhadap dua perempuan dan seoranjg bocah pengguna media sosia, yakni seorang dokter di Solok, Sumatera Barat, Fiera Lovita dan pengusaha di Tangerang, Banten, Indrie Sorayya, serta seorang bocah di Cipinang Muara, Jakara Timur.
Ketiga korban persekusi tersebut didatangi puluhan anggota FPI yang merasa tersinggung atas unggahan status ketiganya di media sosial Facebook tentang  Habib  Rizieq Shihab, tersangka kasus penyebaran percakapan dan foto berkonten pornografi. (syam/TN)
Polri Tindak Tegas Pelaku Persekusi Polri Tindak Tegas Pelaku Persekusi Reviewed by samsul huda on June 04, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD