Menteri PUPR: Tol Batang-Semarang Mulus - GROBOGAN TOP NEWS

Menteri PUPR: Tol Batang-Semarang Mulus





BATANG (Top News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengecek proyek pembangunan Tol Batang-Semarang. Menurutnya pada H-10 mudik lebaran 2017 tol ini sudah bisa dioperasionalkan.
"Ini checking terakhir, dari pengelola jalan tol itu bilang H-10 sudah bisa di fungsikan. Jadi nanti tol ini mulus, semua bersih dari kerikil dan debu,"  kata Menteri Basuki di Batang, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2017).
Ia mengatakan hal itu ketika meninjau kesiapan ruas Tol Batang-Semarang seksi I dari Batang-SS Batang Timur sejauh 3,2 Km untuk arus mudik Lebaran 2017. Untuk Seksi II SS Batang Timur-SS Welewi sejauh 36,35 Km.
"Di sini nantinya akan ada empat titik rest area, dari Kali Wangsa sampai Grising," ujarnya.
Adapun kondisi jalur masih fungsional hanya dapat dilintasi kendaraan dengan satu arah baik arus mudik atau balik lebaran. Dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam, pasalnya kondisi jalan yang dilalui masih berupa perkerasan jalan timbunan dan juga lean concrete berupa struktur beton setebal 10 cm.
Hal senada disampaikan Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Saud Simatupang, menurutnya pada H-10 nanti kondisi jalan sudah bisa difungsikan. Meski begitu di beberapa titik masih akan ada pengerjaan.
"Sekarang tahap ada masih spot-spot yang kita masih in kongkrit, lean kongkrit atau jalan kerja kurang 100 m, karena kemarin masih bekerja main road nya. Nanti ada dua jembatan yang tadinya jembatan balley sementara dua lajur, di Kaliboyo (STA 388) an Kaliurang," kata Saud.
Sedangkan untuk mengantisipasi debu dan rambu yang masih belum tersedia, pihaknya secara bertahap akan segera menyiapkan rambu kit.
"Ini rambu sedang kita siapkan. Nanti dalam hari-hari ini bertahap kit pasang rambunya. H-10 sudah siap, ada spot lite rest area, step 10 kg, portable toilet, mushola lengkap," ujarnya.
Kecepatan kendaraan diharapkan 40 km per jam, Karena lebar jalan hanya 7 meter untuk dua lanjut berdampingan dan searah. (syam/TN)

Menteri PUPR: Tol Batang-Semarang Mulus Menteri PUPR: Tol Batang-Semarang Mulus Reviewed by samsul huda on June 11, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD