Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Maluku Utara - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Maluku Utara


MALUKU ( Top News ) - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan di Maluku Utara, salah satu provinsi terluar Indonesia, Senin (8/5). Tiga pelabuhan itu Tapaleo, Bicoli, dan Wayabula.

Presiden Jokowi mengatakan, Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi prioritas untuk pembangunan insfrastruktur pelabuhan. "Negara kita negara besar. Ada 17 ribu pulau. Tetapi baru sebagian kecil yang memiliki pelabuhan. Disini termasuk yang kami prioritaskan. Alhamdulilah dalam 3 tahun pembangunan ketiga pelabuhan, Tapaelo, Bicoli dan Wayabula, selesai," kata Presiden Jokowi.

Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar menambah frekuensi kapal yang singgah di pelabuhan-pelabuhan di provinsi Maluku Utara ini, termasuk di Pelabuhan Tapaleo.
"Sekarang dua minggu sekali. Kalau bisa tambah jadi seminggu sekali. Kalau bisa sehari sekali. Inginanya harus seperti itu. Harus lebih baik dan lebih baik lagi," katanya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pelabuhan Tapaleo baru disinggahi kapal perintis dan kapal Feri dengan frekuensi masing-masing dua kali sebulan. Ia mengaku telah berdiskusi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan frekuensi kapal.
"Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) kami untuk meningkatkan frekuensi kapal di Pelabuhan Tapaleo dan dua pelabuhan lainnya. Kami sudah diskusi dengan Pemda dan Bupati,"  katanya.

Menurut Budi, Pelabuhan Tapaleo dibangun selama tiga tahun mulai dari 2014 - 2017. Dengan kedalaman kolam pelabuhan hingga 15 Lws yang mampu disinggahi kapal berkapasitas 1000 DWT.

Demikian pula dengan dua pelabuhan lainnya yaitu Pelabuhan Bicoli di Kabupaten Halmahera Timur dan Pelabuhan Wayabula di Kabupaten Morotai yang memiliki kapasitas sama.

Keberadaan pelabuhan sangat penting bagi masyarakat Maluku Utara khususnya di Tapaleo, dikarenakan masih belum tersambungnya akses jalan darat dan belum adanya akses transportasi udara. Pelabuhan ini sangat penting yang merupakan bagian dari program tol laut yang dicanangkan pemerintah.

Pembangunan Pelabuhan Tapaleo dimulai 2014-2015 menelan dana Rp. 34,7 Miliar. Spesifikasi pelabuhan adalah dermaga tipe finger sepanjang 56 meter, kedalaman 5 meter hingga 14 meter untuk mengakomodasi kapal dengan ukuran 1.000 DWT, trestle sepanjang 58 meter, serta fasilitas daratan berupa lapangan penumpukan seluas 420 meter persegi, gudang seluas 375 meter persegi, dan terminal penumpang seluas 112,5 meter persegi.

Pelabuhan Bicoli ditetapkan sebagai pelabuhan pengumpan regional. Pelabuhan Bicoli dibangun sejak 2014-2016 dengan anggaran Rp. 56,2 Miliar. Memiliki spesifikasi dermaga tipe finger sepanjang 93 meter dengan kedalaman 5 meter hingga 6 meter untuk mengakomodasi kapal dengan ukuran 1.000 DWT, trestle sepanjang 118 meter, causeway sepanjang 50 meter, serta fasilitas daratan berupa lapangan penumpukan seluas 777 meter persegi, gudang seluas 375 meter persegi, dan terminal penumpang seluas 112,5 meter persegi.

Wayabula ditetapkan sebagai Pelabuhan Pengumpul. Pembangunan Pelabuhan Wayabula dilaksanakan 2010 - 2016 dengan angaran Rp 59,5 Miliar. Spesifikasi pelabuhan berupa dermaga sepanjang 70 meter dan kedalaman 6 meter untuk mengakomodasi kapal dengan ukuran 1.000 DWT, trestle sepanjang 90 meter, causeway sepanjang72 meter, serta fasilitas daratan berupa kantor pelabuhan seluas 150meter persegi, gudang seluas 150 meter persegi, dan terminal penumpang seluas 250 meter persegi. (syam/TN)
Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Maluku Utara Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Maluku Utara Reviewed by samsul huda on May 08, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD