Wiranto: e-Government Tekan Pungli - GROBOGAN TOP NEWS

Wiranto: e-Government Tekan Pungli



SURABAYA ( Top News ) - Menko Polhukam Wiranto mengapresiasi pemerintah daerah (Pemda) yang menggunakan sistem teknologi informasi (TI) dalam pelayanan publik seperti e-government. Bila e-government itu berhasil dikembangkan di semua satuan pelayanan publik, maka program sapu bersih pungutan liar (saber pungli) tidak perlu dilanjutkan. Karena potensi pungli tertekan, bahkan hilang otomatis akibat penerapan teknologi pada layanan public tersebut.

"Kalau system ini berkembang dengan baik, maka suatu saat saber pungli sudah tidak usah dilanjutkan. Dengan cara berbasis teknologi informasi, maka otomatis hal itu akan mengurangi kontak langsung si pemohon dengan pelayan atau pemangku jabatan. Tidak ada kontak langsung, diharapkan lebih jujur, lebih baik dan lebih cepat," kata Wiranto di Sidoarjo, Surabaya, Jatim, Selasa (25/4) kemarin.

Ia mengatakan hal itu di sela-sela puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXI Tahun 2017 di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Surabaya. Ia datang mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. Dalam acara itu hadir Mendagri Tjahyo Kumolo. Gubernur Jatim Soekarwo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jabar Ahmad Heriawan dan gubernur lainnya.

Wiranto bicara soal tema puncak peringatan hari Otda mengenai semangat otonomi daerah dengan peningkatan kinerja pelayanan publik melalui e-government. Sistem tersebut menurut Wiranto sudah diterapkan di sejumlah daerah. Dan diharapkan berhasil seperti halnya di Surabaya.

"Kita sangat gembira dengan pelayanan publik ini (e-government) yang merupakan tolak ukur kinerja pemerintah baik di pusat maupun di daerah, sudah dapat dinikmati masyarakat," katanya. (syam/TN)

Wiranto: e-Government Tekan Pungli Wiranto: e-Government Tekan Pungli Reviewed by samsul huda on April 25, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD