Pemerintah Tak Ikut Campur Hak Angket KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Pemerintah Tak Ikut Campur Hak Angket KPK


JAKARTA ( Top News ) - Komisi III DPR RI sepakat menggulirkan hak angket untuk mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka rekaman pemeriksaan tersangka pemberi keterangan palsu e-KTP Miryam S Haryani. Menanggapi hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menegaskan, bahwa pemerintah tidak ikut campur dalam persoalan tersebut.

"Pemerintah tidak ikut campur soal hak angket itu. Tetapi sikap pemerintah soal pelemahan KPK jelas, tidak mau ada revisi Undang-Undang KPK," kata Teten di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/4) kemarin.

Teten mengatakan, meski sejak dulu ada usaha melemahkan KPK melalui wacana revisi UU KPK, pemerintah tetap konsisten untuk menolak. Mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) ini menyebut, bahwa wacana revisi UU KPK ibarat gerbang pelemahan KPK sebenarnya.

"Wacana revisi ini ibaratnya tali simpul, kalau dibuka maka masuk semua upaya pelemahan KPK," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, anggota Komisi III dari Fraksi PPP Arsul Sani mengatakan, ada sejumlah isu yang akan ditanyakan melalui hak angket kepada KPK. Di antaranya menyangkut temuan BPK soal dugaan 7 penyimpangan anggaran yang dilakukan KPK.

"Tetapi juga terkait temuan BPK yang tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Kepatuhan KPK tahun 2015 di mana ada 7 temuan penyimpangan anggaran," kata Arsul.

Hak angket sendiri diajukan karena KPK menolak membuka rekaman BAP Miryam. Sebab dari hasil pemeriksaan, penyidik KPK menyebut ada 6 anggota Komisi III melakukan ancaman agar Miryam mencabut kesaksiannya. Namun, Arsul menyebut isu soal audit investigasi pembelian lahan RS Sumber Waras juga akan dimasukkan dalam daftar pertanyaan angket.

"PPP sendiri ingin agar kalau ada hak angket maka tidak sekedar soal penyebutan nama-nama tersebut. Tetapi diperluas termasuk soal sikap KPK terhadap hasil audit investigatif Rumah Sakit Sumber Waras,"  ujarnya. (syam/TN)
Pemerintah Tak Ikut Campur Hak Angket KPK Pemerintah Tak Ikut Campur Hak Angket KPK Reviewed by samsul huda on April 26, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD