Masinton: Penolak Angket KPK Munafik - GROBOGAN TOP NEWS

Masinton: Penolak Angket KPK Munafik

JAKARTA ( Top News ) - Tiga fraksi yaitu PKB, Demokrat dan Gerindra menyatakan menolak usulan angket Komisi III DPR agar KPK membuka rekaman BAP politisi Hanura Miryam S Haryani. Keputusan ketiga fraksi itu, disampaikan dalam rapat paripurna dengan agenda pembacaan sekaligus pengambilan keputusan angket KPK.

Sikap tiga fraksi partai ini mendapat kecaman Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu. Ia menilai, fraksi-fraksi yang menolak angket telah menyajikan cara berpolitik yang munafik.

"Saya menangkap suasana dalam forum paripurna ini dan apa yang selama ini saya kritik terhadap DPR ketika saya belum jadi anggota DPR dan sekarang saya rasakan buktinya. Yang disajikan adalah politik kemunafikan. Menurut saya harus dihentikan," kata Masinton dalam rapat paripurna di Senayan, Jakarta, Jumat (28/4).

Masinton mengkritik para anggota Komisi III DPR yang akhirnya memutuskan tidak menandatangani angket. Pasalnya, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPK, mayoritas anggota Komisi III setuju dengan wacana angket. Namun, saat rencana digulirkan, justru banyak anggota yang menolak.

"Semua meyakini sejak awal bahwa ada proses yang salah dan harus didalami dalam konteks KPK secara institusi dan semua rekan-rekan anggota Komisi III semua setuju tapi saya enggak tahu kemudian balik badan," ujarnya.

Padahal, dia meyakini ada kejanggalan dari cara kerja KPK yang harus diselidiki lewat hak angket. Termasuk, penyebutan nama 6 anggota Komisi III yang dituding mengancam Miryam memberikan kesaksian palsu. Untuk itu, Masinton merasa heran dengan pendapat bahwa angket berpotensi melemahkan KPK.

"Saya meyakini ada yang harus kita gali dan dalami. Bukan berarti kita prokoruptor, bukan saya pro korupsi. Justru kita ingin negara dibersihkan. Bukan dengan cara munafik seperti ini. Menolak seakan-akan kita melemahkan misalnya," ujarnya.

Politikus PDIP ini mengaku jengah dengan politik yang dijalankan dengan kemunafikan dan pencitraan. Dia mengimbau fraksi partai yang menolak tidak membohongi rakyat.

"Justru temen-teman yang kemarin getol, ini saya buka di sini. Saya sudah bosan dengan politik munafik seperti ini. Keteladanan apa yang harus kita berikan. Jangan bohongi rakyat. Politik itu konsisten, konsekuen," tandasnya.

"Saya ketika mengambil sikap harus usulkan hak angket saya tau risikonya tapi tidak mau munafik dalam melaksanakan politik. Saya tahu dampaknya tapi tidak mau mengandalkan pencitraan," tambah Masinton.

Menurutnya, fraksi partai yang menilai angket dapat melemahkan KPK justru mereka melakukan pelemahan terhadap lembaga antirasuah itu secara tidak langsung. Dia mengakui konsekuensi atas usulannya soal angket KPK itu.

"Mereka yang sekarang ngomong pelemahan KPK sebetulnya mereka sedang melakukan pelemahan terhadap KPK itu sendiri. Saya tahu konsekuensinya tapi saya yakinkan diri saya, saya tidak korupsi. Itu bentuk pertanggungjawaban kita. Kita tidak boleh lagi munafik dalam politik, bosan saya," katanya. (syam/TN)


Masinton: Penolak Angket KPK Munafik Masinton: Penolak Angket KPK Munafik Reviewed by samsul huda on April 28, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD