Ketua KPK Firli Bahuri Awasi Anggaran Penanggulangan Bencana Corona - GROBOGAN TOP NEWS

Ketua KPK Firli Bahuri Awasi Anggaran Penanggulangan Bencana Corona


GTOPNEWS.COM - Ketua KPK menegaskan, merebaknya virus Corona (Covid-19)  tak membuat penegakan hukum di lembaganya, terhenti.
Terkait dengan itu, pihaknya mengaku  turut memantau penggunaan anggaran penanggulangan bencana nasional Covid-19.
"Dalam masalah ini pengawasan KPK bertujuan agar pemerintah pusat dan daerah dapat menggunakan anggaran secara efektif dan bebas dari penyelewengan," kata Firli di Jakarta, Selasa (17/3/2020).
Ia mengatakan, pelaku korupsi tidak mengenal musim, baik musim  bencana, atau tidak. Bahkan tak takut dengan ancaman pidana yang lebih berat dibanding korupsi nonbencana.
"Kita ingatkan jangan sampai anggaran bencana di korupsi oknum yang tidak punya empati," ujarnya.
KPK  sendiri telah melakukan penyesuaian pengaturan kerja termasuk menerapkan kebijakan working from home (WFH). Kendati, pelaksanaan tugas penegakan hukum, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan eksekusi perkara tetap dilakukan berdasarkan prioritas.
Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pemeriksaan saksi dan tersangka di KPK terus berjalan. Bahkan persidangan di Pengadilan Tipikor masih berjalan seperti biasa mengingat adanya batas waktu penahanan. Meski demikian pihaknya tetap memperhatikan imbauan pemerintah kepada pengunjung maupun tahanan untuk antisipasi penyebaran wabah Covid-19.
Petugas pengamanan gedung KPK juga melakukan pengecekan suhu badan khususnya ditujukan kepada setiap pengunjung yang datang ke gedung KPK. Termasuk para saksi yang dipanggil penyidik KPK.
"Dan bagi pengunjung yang suhunya lebih dari 38 kami imbau untuk tidak melakukan kunjungan," kata Ali.
Untuk saksi yang memiliki suhu tubuh tinggi, akan dikoordinasikan dengan Kedeputian Penindakan dan Klinik Kesehatan KPK. Pengunjung biasa disarankan segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat
Untuk pegawai KPK, pimpinan melalui Sekjen telah mengeluarkan Surat Edaran No 5 Tahun 2020 tanggal 4 Maret 2020 tentang Kesiapsiagaan dan Waspada Virus Corona. Saat ini pegawai KPK sudah tersosialisasi dan teredukasi dengan baik perihal antisipasi wabah virus corona tersebut.
Biro Umum KPK telah memastikan ketersediaan cairan antiseptik dengan rutin diisi ulang di beberapa area di tiap lantai gedung KPK. (syam/TN)


Ketua KPK Firli Bahuri Awasi Anggaran Penanggulangan Bencana Corona Ketua KPK Firli Bahuri Awasi Anggaran Penanggulangan Bencana Corona Reviewed by samsul huda on March 17, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD