KPK Dalami 5 Bendera Perusahaan Yang Digunakan PT Tradha untuk Lelang Proyek di Kebumen - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Dalami 5 Bendera Perusahaan Yang Digunakan PT Tradha untuk Lelang Proyek di Kebumen


JAKARTA (TopNews.Com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami lima perusahaan yang benderanya digunakan PT Tradha untuk mengikuti lelang sejumlah proyek di Pemkab Kebumen.
Tidak disebutkan nama bendera perusahaan itu. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, lima perusahaan tersebut berdomisili di Kabupaten Kebumen.
Sehubungan itu, PT Putera Ramadhan (Tradha) terancam ditutup pasca ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Perusahaan tersebut dikendalikan oleh Bupati Kebumen Mohamad Yahya Fuad.
"Kalau dijerat di pencucian uang ada ketentuan lebih berat. Selain denda, memang ada sanksi lain. Yaitu penutupan perusahaan sementara atau selamanya, atau pengambilalihan perusahaan oleh negara," kata Febri Diansyah di Jakarta, Sabtu (18/5/2018).
Ancaman penutupan perusahaan atau diambil alih negara lantaran pidana pokok seperti kurungan penjara tak bisa diterapkan. Namun sanksi yang akan diberikan tetap tergantung pada putusan pengadilan.
"Tapi itu nanti tergantung hakim, dasarnya adalah putusan pengadilan nanti," kata dia. Saat ini pihaknya segera mendalami dulu sejumlah bendara dari kontraktor lain yang digunakan PT Tradha untuk lelang proyek-proyek di Pemkab Kebumen.
Sebelumnya, KPK menjerat PT Tradha dengan sangkaan Tindak Pidana Pencucian Uang. PT Tradha yang dikendalikan Bupati Kebhumen Mohamad Yahya Fuad diduga meminjam bendera lima perusahaan lain untuk mengikuti lelang dan menggarap lima proyek di lingkungan Pemkab Kebumen dengan nilai total proyek sekitar Rp 51 miliar.
Tak hanya itu, PT Tradha juga menampung dan mengelola uang suap dan gratifikasi yang diterima Yahya dari sejumlah kontraktor yang mengerjakan poroyek di Kabupaten Kebumen. (syam/TN)


KPK Dalami 5 Bendera Perusahaan Yang Digunakan PT Tradha untuk Lelang Proyek di Kebumen KPK Dalami 5 Bendera Perusahaan Yang Digunakan PT Tradha untuk Lelang Proyek di Kebumen Reviewed by samsul huda on May 19, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD