OTT Hakim Medan, KY: Coreng Dunia Peradilan - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Hakim Medan, KY: Coreng Dunia Peradilan


TOPNEWS.COM -  Sedikitnya  4 hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumatera Utara, ditangkap tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (28/8/2018).
Mereka adalah Ketua PN Medan Marsudin Nainggolan, Wakil Ketua Wahyu Prasetyo Wibowo, Hakim Sontan Merauke, Hakim Merri Purba, Panitera pengganti Oloan Sirait dan Panitera Helpandi.
Atas peristiwa OTT ini, Komisi Komisi Yudisial (KY) menyatakan prihatin. "Sekitar tiga tahun lalu, KY pernah memperingatkan pentingnya perubahan mendasar terkait aspek integritas. Namun hal itu belum sepenuhnya didengar dan berujung terulangnya OTT di lingkungan peradilan TUN yang melibatkan pengacara OC Kaligis," kata Juru Bicara KY Farid Wajdi di Jakarta, Selasa (28/8/2019)
Ia mengatakan, KY telah berupaya melakukan serangkaian usaha percegahan agar kejadian seperti itu, i tidak berulang kembali. Namun hari ini kembali terulang peristiwa yang mencoreng dan menjadi tamparan bagi dunia peradilan.
‘’Kami yakin seluruh jajaran peradilan masih punya energi besar untuk kembali bangkit. Jangan sampai ulah beberapa oknum tersebut menjadi stigma negatif terhadap usaha perbaikan peradilan," ujarnya.
Ia mengatakan, KY telah menggandeng unsur pimpinan pengadilan untuk bersama-sama meminimalisir potensi terjadinya pelanggaran kode etik. KY terus mengingatkan pimpinan pengadilan harus menjadi teladan yang menampilkan kemuliaan profesi.
"Sekalipun OTT Kali ini justru melibatkan unsur pimpinan, tetapi KY akan terus melakukan hal itu. Perlu komitmen yang lebih besar dan tindakan konkret, lebih dari sekadar peraturan. Sebagai pimpinan harus memberikan teladan kepada bawahan," jelasnya.
Sebagai profesi mulia, kata Farid, hakim harus sadar dan senantiasa menjaga kewibawaan. Namun yang lebih penting, korps para hakim tidak terletak pada profesi tetapi pada nilai. Pihaknya mengajak dunia peradilan bersama-sama menjauhi korupsi untuk mengembalikan kepercayaan publik demi terwujudnya peradilan bersih dan agung. (syam/TN)



OTT Hakim Medan, KY: Coreng Dunia Peradilan OTT Hakim Medan, KY: Coreng Dunia Peradilan Reviewed by samsul huda on August 28, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD