Belum Ditahan Karena Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi Hasan Diyakini Tidak Akan Melarikan Diri - GROBOGAN TOP NEWS

Belum Ditahan Karena Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi Hasan Diyakini Tidak Akan Melarikan Diri

 

GTOPNEWS.COM - Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan belum ditahan setelah menjalani pemeriksaan di Gedung KPK sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara di MA.

Hasbi belum ditahan karena KPK meyakini bahwa sekretaris MA itu, tidak akan melarikan diri.

"Jadi begini, penahanan itu bukan suatu keharusan, perlu banyak pertimbangan" kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Menurutnya penahanan dilakukan dengan merujuk pada sejumlah pertimbangan. Antara lain, tersangka ditahan jika dikhawatirkan akan melarikan diri.

"Penahanan merupakan upaya paksa jika penyidik dihadapkan pada kondisinya ada alasan takut tersangka melarikan diri," katanya.

Penahanan lanjutnya dilakukan jika penyidik memiliki keyakinan bahwa tersangka bakal melarikan diri hingga mengulangi perbuatannya kembali.

Namun jika tidak ditemukan pertimbangan itu, menurut Ghufron, penahanan tersangka tidak perlu dilakukan.

"Jika tidak ada kekhawatiran terhadap ulah tersangka yang tidak proaktif, penyidik tidak memerlukan penahanan," ujar Ghufron.

Meski demikian ketika perkaranya akan disidangkan, untuk memudahkan pemeriksaan baru dilakukan penahanan.

Pihaknya menilai bahwa KPK tidak menemukan indikasi adanya percobaan melarikan diri yang dilakukan tersangka Hasbi Hasan selaku Sekretaris MA. (syam/TN)

Belum Ditahan Karena Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi Hasan Diyakini Tidak Akan Melarikan Diri Belum Ditahan Karena Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi Hasan Diyakini Tidak Akan Melarikan Diri Reviewed by samsul huda on May 24, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD