KPK Resmi Tetapkan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Korupsi Pengurusan Perkara di MA - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Resmi Tetapkan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Korupsi Pengurusan Perkara di MA

 

GTOPNEWS.COM - KPK resmi mengumumkan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) Gazalba Saleh (GS) sebagai tersangka tindak pidana korupsi pengurusan perkara di lingkungan MA.

"KPK telah meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan menetapkan hakim agung di Mahkamah Agung GS sebagai tersangkanya," kata Deputi Bidang Penindakan KPK Karyoto dalam konferensi pers di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2022).

GS ditetapkan sebagai tersangka setelah Tim Penyidik KPK mengumpulkan berbagai informasi maupun bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi yang menjerat Hakim Sudrajat Dimyati. 

Selain Gazalba, KPK juga menetapkan hakim yustisi/panitera  pengganti Prasetu Nugroho dan staf Rendhy Novarisza sebagai tersangka dalam perkara itu. Dua tersangka ini langsung ditahan KPK di Rutan KPK Jakarta. 

Kemarin hakima agung Gazalba Saleh dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai tersangka. Tapi yang bersangkutan mangkir dari panggilan tanpa alasan yang jelas. Terkait dengan itu KPK meminta yang bersangkutan kooperatif hadir sesuai jadwal pemanggilan yang segera dikirimkan penyidik.

Karyoto mengatakan bahwa hakim agung Gazalba Saleh dan bawahannya itu diduga dijanjikan uang Rp 2,2 miiar dari  pengurusan perkara pidana Koperasi Simpan Pinjam Intidana Semarang. Kini Gazalba Saleh mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas penetapannya sebagai tersangka di KPK.

Informasi di SIPP PN Jaksel, Jumat (25/11/2022) menyebutkan bahwa, Gazalba Saleh berstatus sebagai pemohon dengan nomor perkara 110/Pid.Pra/2022/PN JKT.SEL. Termohon dalam gugatan ini adalah KPK.

Rencananya sidang pertama digelar 12 Desember 2022 dipimpin hakim tunggal Hariyadi. (syam/TN)

KPK Resmi Tetapkan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Korupsi Pengurusan Perkara di MA KPK Resmi Tetapkan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Korupsi Pengurusan Perkara di MA Reviewed by samsul huda on November 28, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD