Anggota DPR RI Tolak Jadi Saksi Ayahnya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam Kasus TPPU - GROBOGAN TOP NEWS

Anggota DPR RI Tolak Jadi Saksi Ayahnya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam Kasus TPPU

 

GTOPNEWS.COM – Lasmi Indrayani, anggota DPR RI Fraksi Demokrat telah diperiksa KPK terkait perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat ayahnya Budhi Sarwono, eks Bupati Banjarnegara.

Ia menyatakan bahwa pihaknya menolak bersaksi dari kasus korupsi yang menjerat sang ayah. Saat ini KPK menjerat Budhi dengan perkara TPPU.

Kasus ini merupakan pengembangan dari perkara sebelumnya, yaitu suap proyek-proyek pengadaan barang/jasa di Pemkab Banjarnegara dan gratifikasi yang menjerat Bupati Budhi.

Lasmi menolak jadi saksi dengan alasan undang-undang mengaturnya. Yaitu Undang-Undang No 31 Tahun 1999 Pasal 35 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Kesaksian untuk ayah saya, saya memakai Pasal 35. Disitu disebutkan, bahwa sebagai anak, istri, atau keluarga sedarah, berhak untuk tidak memberikan kesaksian terhadap ayahnya yang terjerat kasus korupsi," kata Lasmi Indaryani di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Mengenai pertanyaan yang diajukan, Lasmi mengatakan, bahwa dia mengaku hanya ditanya penyidik KPK yang ringan-ringan saja. Antara lain soal pengetahuannya mengenai Kedi Afandi, orang kepercayaan Budhi Sarwono.

Dia juga ditanya mengenai transaksi rekening pribadinya yang diblokir. Padahal kata Lasmi, rekening itu tak ada hubungannya dengan kasus yang menjerat ayahnya Budhi.

‘’Gaji saya di DPR masuk di rekening itu. Sudah setahun tak bisa diambil karena diblokir KPK,’’ kata Lasmi.

Ia mengaku ditanya 13 pertanyaan oleh penyidik KPK. Dari sejumlah pertanyaan itu, 5 di antaranya merupakan pertanyaan dasar. Yaitu apakah anda sehat, apakah anda merasa ditekan atau tidak. Anda kenal Kedi Afandi. Itu saja.

Pihaknya membantah soal penyembunyian aset yang disangkakan kepada ayahnya.

"Setahu saya nggak ada. Itu nanti di persidangan saja. Atau tanya sendiri langsung sama papa saya (Budhi Sarwono)," ujarnya.

Lasmi mengaku pemblokiran yang dilakukan penyidik KPK tidak adil. Dia mengatakan rekening itu sama sekali tidak ada kaitan dengan perkara yang menjerat ayahnya.

Rekening yang diblokir KPK itu katanya khusus untuk transaksi gajinya sebagai anggota DPR RI. Saat ini dia tengah menunggu proses pembukaan pemblokiran.

"Mereka meminta surat dari kami, keterangan bahwa itu adalah gaji saya sebagai anggota DPR yang tidak ada kaitannya dengan kasus tersebut," tuturnya. (syam/TN)

Anggota DPR RI Tolak Jadi Saksi Ayahnya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam Kasus TPPU Anggota DPR RI Tolak Jadi Saksi Ayahnya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam Kasus TPPU Reviewed by samsul huda on August 31, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD