KPK Segera Cek Perizinan di Kawasan Malioboro terkait Kasus Korupsi Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Segera Cek Perizinan di Kawasan Malioboro terkait Kasus Korupsi Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi

 

GTOPNEWS.COM - KPK akan mengusut dugaan korupsi di Pemkot Yogyakarta yang melibatkan eks Wali Kota Haryadi Suyuti.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, bahwa pihaknya akan memeriksa perizinan apartemen, hotel, mall dan supermarket di kawasan Malioboro.

"Hal ini menjadi perhatian KPK. Jangan-jangan proses perijinannya diwarnai deal-deal  seperti ini, nanti kita cek,’’ kata Alex di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/6/2022).

Ia mengatakan dalam catatannya, kawasan Malioboro masuk cagar budaya. Tidak boleh didirikan apartemen, hotel dan lainnya untuk kepentingan komersial.

Itu sebabnya KPK segera memeriksa bangunan apartemen, hotel, mall dan lainnya yang didirikan selama kepemimpinan eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. Hal ini  katanya untuk memastikan ada tidaknya proyek lain yang menyimpang.

Alex mengatakan KPK segera memeriksa perizinan bangunan terkait aturan pembatasan. Yaitu soal kemiringan hingga ketinggian bangunan.

"Aturannya sudut kemiringan dari ruas jalan di Malioboro tidak lebih dari 45 derajat," ujarnya.

KPK telah menetapkan Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022 Haryadi Suyuti (HS) sebagai tersangka dalam perkara dugaan suap perizinan apartemen Royal Kedhaton di Yogyakarta.

KPK menyita uang senilai USD 27.258 senilai Rp 393,6 juta dalam kasus ini. Uang itu disita dari tangan Wali Kota Haryadi saat OTT berlangsung di rumah dinasnya di Yogyakarta.

Dalam kasus itu, KPK menetapkan empat tersangka. Sebagai tersangka pemberi suap adalah Oon Nusihono, Vice President Real Estate PT SA Tbk (pemilik apartemen Royal Kedhaton).

Adapun tersangka penerima suap adalah  Haryadi Suyuti, Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta. Nurwidhihartana, dan Triyanto Budi Yuwono, Sekretaris Pribadi merangkap ajudan HS. (syam/TN)

KPK Segera Cek Perizinan di Kawasan Malioboro terkait Kasus Korupsi Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi KPK Segera Cek Perizinan di Kawasan Malioboro terkait Kasus Korupsi Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Reviewed by samsul huda on June 04, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD