Nurul Ghufron: KPK Pantau Efisiensi Program Oranisasi Penggerak - GROBOGAN TOP NEWS

Nurul Ghufron: KPK Pantau Efisiensi Program Oranisasi Penggerak



GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menegaskan, bahwa pihaknya ikut memantau Program Organisasi Penggerak (POP) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ia mengatakan, KPK turun tangan untuk memastikan program itu, berjalan efektif sesuai tujuannya.

"Untuk memastikan itu, KPK hadir menjaga efektivitas bahwa tujuan POP yang luhur, dan bagus itu, harus mencapai sesuai yang diharapkan," kata Ghufron dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Itu sebabnya kata Ghufron pelaksanaan POP harus berjalan efisien, karena program itu berjalan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang membutuhkan perhatian ekstra.

"Dana negara tak hanya untuk itu, masih banyak kebutuhan lain yang dibutuhkan bangsa ini, termasuk di dalamnya pendidikan," kata Ghufron.

KPK masih melakukan kajian agar program itu tidak menimbulkan praktik korupsi yang merugikan banyak orang. Menurut Ghufron, penegakan hukum yang dilakukan KPK tidak akan menghilangkan kerugian masyarakat yang membutuhkan akses pendidikan di tengah pandemi.

Sebelumnya Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mendorong  KPK mengawasi POP yang diinisiasi  Kemendikbud. Wakil Sekretaris Jenderal FSGI Satriwan Salim mengatakan, pengawasan itu diperlukan karena anggaran untuk program tersebut cukup besar.

"KPK harus pelototi POP. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan keuangannya," ujar Satriwan.

FSGI tidak ingin pengurus organisasi guru pada akhirnya tersandung proses hukum di KPK karena melakukan penyalahgunaan anggaran POP. (syam/TN)


Nurul Ghufron: KPK Pantau Efisiensi Program Oranisasi Penggerak Nurul Ghufron: KPK Pantau Efisiensi Program Oranisasi Penggerak Reviewed by samsul huda on July 29, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD