Kementerian Keuangan Alokasikan Anggaran Corona Rp 62,3 Triliun - GROBOGAN TOP NEWS

Kementerian Keuangan Alokasikan Anggaran Corona Rp 62,3 Triliun


GTOPNEWS.COM - Pemerintah memprioritaskan pencegahan pandemi wabah virus corona dengan menambah anggaran melalui realokasi anggaran 2020.
Realokasi anggaran itu akan dibantu KPK dalam perencanaan maupun pengawasannya di lapangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bahwa pihaknya akan menambah penanganan cona itu menjadi Rp 62,3 triliun yang diambilkan dari realokasi anggaran 2020.  
‘’Kini pemerintah fokus realokasi belanja pemerintah dalam APBN 2020 untuk percepatan penanganan COVID-19,’’ kata Sri Mulyani dalam video conference di Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (20/3/2020).
Ia mengatakan sebanyak Rp 62,3 triliun belanja kementerian dan lembaga dalam APBN 2020 segera direalokasikan untuk penanganan COVID-19. Angka ini lebih besar dari yang disampaikannya pada Rabu (18/3) sebesar Rp 5-10 triliun.
“Untuk melaksanakan berbagai macam permintaan sesuai urgensi di kesehatan, kami sampai hari ini sudah identifikasi Rp 62,3 triliun dari belanja K/L yang akan bisa direalokasikan arahan presiden,” ujar Sri Mulyani, Jumat (20/3).
Dana itu katanya diperoleh dari hasil penghematan sejumlah belanja di kementerian/lembaga. Termasuk belanja barang seperti perjalanan dinas yang dipangkas hingga 50 persen, honor, hingga output cadangan.
Nantinya dana itu akan digunakan untuk membiayai kegiatan prioritas. Mulai dari pengadaan alat kesehatan, penyediaan rumah sakit, hingga dunia usaha.
Pihaknya terus minta PUPR dan kementerian yang anggaran belanjanya besar untuk spacing atau dalam hal ini memperpanjang pelaksanaan kegiatan, sehingga mungkin tidak di-drop sama sekali tapi multiyears sehingga beban anggaran tidak semua di 2020.
Dana realokasi Rp 62,3 triliun itu katanya hanya berasal dari pos belanja pemerintah pusat, belum termasuk dari penghematan di pos transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) maupun dalam APBD 2020.
Namun menurut Sri Mulyani, penghematan dari TKDD bisa mencapai Rp 56-59 triliun. Angka ini juga lebih besar dari perkiraan awal Sri Mulyani sebesar Rp 17,17 triliun.
“Untuk belanja daerah transfer keuangan dana desa, Kemendagri sampaikan dalam sidang kabinet, kita identifikasi Rp 56-59 triliun yang bisa dipakai atau lakukan penghematan untuk reprioritas penanganan COVID-19,” kata Sri Mulyani. (syam/TN)

Kementerian Keuangan Alokasikan Anggaran Corona Rp 62,3 Triliun Kementerian Keuangan Alokasikan Anggaran Corona Rp 62,3 Triliun Reviewed by samsul huda on March 23, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD