Cegah Virus Corona, Sidang Korupsi Akan Digelar Lewat Video Conference - GROBOGAN TOP NEWS

Cegah Virus Corona, Sidang Korupsi Akan Digelar Lewat Video Conference


GTOPNEWS.COM - Sidang kasus dugaan korupsi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat rencananya akan digelar melalui video conference. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).
Terkait hal itu, KPK dan PN Jakarta Pusat telah berkoordinasi dan sepakat persidangan digelar melalui video conference.
"Meski demikian diupayakan persidangan itu, prosesnya tetap berpegang pada hukum acara yang berlaku," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (26/3/2020).
Kini KPK dan PN Jakarta Pusat tengah melakukan persiapan teknis persidangan melalui video conference itu. Bahkan Kamis (26/3) hari ini, tim KPK telah melakukan uji coba peralatan yang akan digunakan untuk video conference di PN Jakarta Pusat.
Sidang melalui video conference ini diharapkan menjadi solusi untuk menyelesaikan perkara korupsi di tengah pandemi Covid-19.
Dengan cara itu, diharapankan persidangan tetap bisa berjalan, meski  di tengan mewabahnya virus corona saat ini. Sehingga penyelesaian perkara Tipikor dapat dilakukan sesuai waktu yang ditentukan undang-undang.
Sidang lewat video conference (vicon) juga sudah dilakukan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sidang menggunakan vicon pertama kali dilakukan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara bersama Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang pada Selasa (24/3/2020).
Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi mengatakan, pihaknya hanya menghadirkan jaksa dan hakim dalam persidangan. Sedangkan terdakwa dapat menghadiri persidangan secara online dari Rutan.
"Jaksa dan hakim tetap berada di pengadilan, terdakwa tidak perlu hadir di pengadilan cukup di rutan saja, komunikasi dilakukan melalui sarana Vicon," kata Nirwan. (syam/TN)

Cegah Virus Corona, Sidang Korupsi Akan Digelar Lewat Video Conference Cegah Virus Corona, Sidang Korupsi Akan Digelar Lewat Video Conference Reviewed by samsul huda on March 26, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD