KPK Periksa Taufik Kurniawan Sebagai Saksi Korporasi Perusahaan Bupati Kebumen - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Taufik Kurniawan Sebagai Saksi Korporasi Perusahaan Bupati Kebumen






TOPNEWS.COM – Taufik Kurniawan, Eks Wakil Ketua DPR diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018) malam. Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka korporasi PT Tradha. Yaitu perusahaan milik Bupati Kebumen nonaktif M Yahya Fuad. Perusahaan tersebut diduga dimanfaatkan Fuad melakukan pencucian uang.
Adapun sejumlah dugaan pencucian uang yang dilakukan terjadi pada tahun 2016-2017. PT Tradha diduga menggunakan identitas lima perusahaan lain untuk memenangkan delapan proyek di Kabupaten Kebumen dengan nilai total Rp 51 miliar.
"Terhadap TK (Taufik Kurniawan) tadi didalami asal-usul uang yang diduga diterima TK, apakah ada atau tidak yang terkait PT Tradha," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).
Taufik enggan menjelaskan secara rinci terkait pemeriksaannya pada hari ini. Sebab seluruh keterangannya sudah disampaikan kepada penyidik.
"Tanya pak penyidik aja ya. Tunggu tanggal mainnya," kata Taufik. Dalam kasus PT Tradha, perusahaan itu diduga menerima uang dari para kontraktor yang merupakan fee proyek di Kebumen sekitar Rp 3 millar. Uang tersebut dianggap seolah-olah sebagai utang.
KPK menduga uang yang diperoleh dari proyek-proyek itu bercampur dengan sumber lainnya dalam catatan keuangan PT Tradha. Uang tersebut diduga menjadi keuntungan yang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi Fuad.
Dalam pengembangan kasus di Kebumen, Taufik menjadi tersangka karena diduga menerima fee sekitar Rp 3,65 miliar secara bertahap dari Fuad. Fee itu untuk pengurusan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dari APBN Perubahan Tahun 2016 sebesar Rp 100 miliar. (syam/TN)


KPK Periksa Taufik Kurniawan Sebagai Saksi Korporasi Perusahaan Bupati Kebumen KPK Periksa Taufik Kurniawan Sebagai Saksi Korporasi Perusahaan Bupati Kebumen Reviewed by samsul huda on November 08, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD