Sepekan Gempa-Tsunami Palu dan Donggala, Sigi, Korban Meninggal Mencapai 1.571 Orang - GROBOGAN TOP NEWS

Sepekan Gempa-Tsunami Palu dan Donggala, Sigi, Korban Meninggal Mencapai 1.571 Orang



TOPNEWS.COM - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sepekan bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala, Sigi, Moutoung, Sulawesi Tengah (Sulteng), korban meninggal terus bertambah. Karena korban yang tertimbun reruntuhan bangunan rumah, hotel dan lainnya masih terus dievakuasi Tim Basarnas, TNI, Polri dan relawan.
Sutopo mengatakan, korban meninggal akibat gempa dan tsunami itu, mencapai 1.571 orang. Ribuan korban tewas tercatat di empat daerah di Sulawesi Tengah dan satu daerah di Sulawesi Barat.
"Sampai hari ini sebanyak 1.571 korban meninggal telah berhasil dievakuasi. Dari jumlah itu, 144 di antaranya terjadi di Donggala, 1.351 di Palu, 62 di Sigi, 12 di Moutoung dan 1 orang di Pasang Kayu Sulawesi Barat," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).
Ia mengatakan, para korban meninggal ini kebanyakan akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Sutopo menyebut, sebanyak 1.551 mayat telah dimakamkan secara masal.
"Sebagian korban sudah dimakamkan dan hari ini akan dimakamkan di pemakaman umum Poboya. Para korban meinggal itu diidentifikasi dulu sebelum dimakamkan," ujarnya.
Selain itu, BNPB telah menerima laporan sebanyak 2.549 orang mengalami luka berat dalam peristiwa gempa dan tsunami tersebut. Sampai saat ini mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit.
"Sebanyak 2.549 orang luka berat dirawat di rumah sakit, dan 113 orang masih dinyatakan hilang," kata dia.
Sutopo memastikan, untuk total korban masih terus mengalami penambahan. Hal itu karena masih banyaknya beberapa mayat atau jenazah yang belum bisa ditemukan.
"Untuk total korban yang meninggal masih terus bertambah, karena kemungkinan masih banyak yang belum ditemukan," katanya. (syam/TN)

Sepekan Gempa-Tsunami Palu dan Donggala, Sigi, Korban Meninggal Mencapai 1.571 Orang Sepekan Gempa-Tsunami Palu dan Donggala, Sigi, Korban Meninggal Mencapai 1.571 Orang Reviewed by samsul huda on October 05, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD