Investasi Pabrik Semen Grobogan di Sugihmanik Capai 300 Juta US Dollar - GROBOGAN TOP NEWS

Investasi Pabrik Semen Grobogan di Sugihmanik Capai 300 Juta US Dollar



GROBOGAN (TopNews.Com)  - Pembangunan pabrik Semen Grobogan di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, ditargetkan rampung tahun 2020. Atau setahun setelah presiden terpilih hasil Pilpres 2019 dilantik.
Saat ini pembangunan pabrik itu baru dalam tahap pengerjaan tapak pabrik dan jalan di lokasi pabrik. Setelah itu pemasangan gardu listrik berkekuatan besar untuk menggerakkan mesin pengolah produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi.
‘’Tahun 2019 direncanakan pengerjaan jalan distribusi Sugihmanik-Tegowanu Wetan, mulai ditangani. Jalan distribusi sepanjang 10 km lebih sudah dibebaskan. Kini sepenuhnya jalan itu milik pabrik,’’ kata General Manajer PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Purwodadi, kemarin.
Ia mengatakan, dari Januari 2018, pembangunan pabrik semen itu, membutuhkan waktu 2,5 tahun. Adapun investasinya mencapai 300 US Dollar. Ditambahkan, dari perencanaan sampai pelaksanaan bangunan pabrik, pengerjaan mesin, pengerjaan jalan distribusi dan lainnya, sepenuhnya dilelangkan secara terbuka. Dan sebagai pemenangnya adalah kontraktor dari Cina.
‘’Maka wajar bila kontraktor itu banyak membawa tenaga teknis dari negaranya,’’ ujar Tonny. Meski demikian tenaga teknis dan tenaga kasar lokal tetap diperhatikan.  Bahkan tenaga lokal saat ini hampir mencapai 350 orang.  Dan tenaga asingnya sekitar 100 orang.
Lokasi pabrik kata Tonny, berada di Desa Sugihmanik dan Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo.  Pabrik itu sudah direncanakan lama, yaitu tahun 1992. Namun rencana tersebut gagal direalisasikan akibat krisis moneter yang melanda Indonesia.
Tahun 1997 sempat beralih dari Gajah Tunggal Group ke group perusahaan lain. Namun Tonny keberatan menjelaskan identitas dari perusahaan tersebut. Group inipun gagal merealisasikan pembangunannya sesuai izin yang diajukan. Padahal bahan baku di sekitar perbukitan lokasi pabrik sudah dibebaskan.
Kemudian tahun 2016 izin pembangunan pabrik itu direvisi sesuai normatif lingkungan hingga akhirnya selesai Maret 2017.
Bahan baku PT Semen Grobogan terbentang luas di perbukitan Sugihmanik, Kaliwenang dan Karangrayung. Di antaranya  berada di blok Mas Kumambang 41,36 hektare, blok Watudukun 199,30 hektare, dan blok Condrogeni 650 hektare. Khusus lokasi untuk pabrik disediakan 54 hektare. (syam/TN)

Investasi Pabrik Semen Grobogan di Sugihmanik Capai 300 Juta US Dollar Investasi Pabrik Semen Grobogan di Sugihmanik Capai 300 Juta US Dollar Reviewed by samsul huda on September 21, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD