Dinas LH Segera Cek Pembangunan Pabrik PT Semen Grobogan di Desa Sugihmanik - GROBOGAN TOP NEWS

Dinas LH Segera Cek Pembangunan Pabrik PT Semen Grobogan di Desa Sugihmanik


GROBOGAN (TopNews) – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan segera mengadakan cek and ricek atas dimulainya pembangunan pabrik Semen Grobogan di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo. Padahal pembangunan pabrik itu sudah dimulai beberapa bulan lalu dengan tenaga inti dari Cina.
Baru Oktober 2017 PT Semen Grobogan membuka perekrutan tenaga teknis dan lainnya dari lokal Jateng. ‘’Sebagai pejabat baru kami akan segera cek lokasi,’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Grobogan Agus Prastowo di Purwodadi, kemarin.
Ia baru 12 hari dilantik menjadi Kadinas Lingkungan Hidup Grobogan. Sebelumnya menduduki posisi sebagai sekretaris dinas  itu. Agus mengatakan, izin PT Semen Grobogan memang sudah keluar dari Pemkab 30 Juni 2016. Izin tersebut keluar setelah direktur utama PT Semen Grobogan Gautama Hartarto mengadakan uji kelayakan di hadapan para pakar akademis lingkungan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pemprov Jateng.
Izin itu diberi nama izin lingkungan kegiatan penambangan batu gamping serta pembangunan dan pengoperasian pabrik semen PT Semen Grobogan di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo.
Ia mengatakan, lokasi tapak pabrik dibangun di atas lahan seluas 53 ha di Desa Sugihmanik dan Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo.  Dalam izin itu disebutkan, bahwa kapasitas produksi  PT Semen Grobogan 5 juta ton/tahun.
Sedangkan bahan bakunya diambilkan dari lokasi penambangan di Desa Tanggungharjo  41,36 ha. Untuk di Desa Sugihmanik, Kapung, Kaliwenang, Mrisi 199,3 ha. Sedangkan lokasi penambangan lainnya berada  di Kecamatan Karangrayung ada seluas 659 ha berada di Desa Putatnganten, Termas, Dempel, dan Ketro.
Apakah lokasi tapak pabrik berada di daerah cekungan air, Kadinas Lingkungan Hidup Grobogan itu mengatakan, bahwa berdasar hasil penelitian Dinas Lingkungan Hidup Jateng dan Grobogan, lokasi tapak pabrik bebas dari daerah cekungan air. Sehingga dinyatakan layak untuk lokasi pabrik.  (syam/TN)


Dinas LH Segera Cek Pembangunan Pabrik PT Semen Grobogan di Desa Sugihmanik Dinas LH Segera Cek Pembangunan Pabrik PT Semen Grobogan di Desa Sugihmanik Reviewed by samsul huda on December 18, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD