PT Semen Grobogan di Sugihmanik Tanggungharjo Bantah Tak Bayar Retribusi TKA - GROBOGAN TOP NEWS

PT Semen Grobogan di Sugihmanik Tanggungharjo Bantah Tak Bayar Retribusi TKA





GROBOGAN (GTopNews.Com) – PT Semen Grobogan di Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan (Jateng) membantah, bahwa pihaknya tidak membayar retribusi masuknya tenaga kerja asing (TKA) di pabrik semen itu.
General Manager PT Semen Grobogan Tonny Santoso mengatakan, retribusi TKA Semen Grobogan semua sudah terbayar lunas di Kementerian Tenaga Kerja Jakarta. Menurutnya, Juni 2018 ada 8 TKA sebagai tenaga pengawas dan teknis yang direkrut PT Semen Grobogan. Mereka bertugas mengawasi pekerjaan tapak pabrik dan fasilitas pabrik lainnya di Sugihmanik, Tanggungharjo.
‘’Ke-8 TKA itu, menjadi tanggungjawab PT Semen Grobogan karena pihak PT yang merekrut,’’ kata Manajer PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Purwodadi, Grobogan, Selasa (15/1/019).
Ia berada di Purwodadi dalam rangka koordinasi mengenai progress pembangunan semen Grobogan di Sugihmanik kepada Kadinas PUPR yang baru Een Endarto, sekaligus perkenalan.
Ia mengatakan, progres pembangunan Semen Grobogan hingga tutup tahun 2018 sudah mencapai 35 persen. Bulan ini rencananya akan dipasang listrik berkekuatan 80 MVA yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Januari-Februari 2019 terpasang 30 MVA dan Oktober 2019 terpasang lagi 50 MVA.   
Terkait dengan retribusi TKA, ia mengatakan, di PT Semen Grobogan ada 109 TKA. Bahkan rencananya akan datang lagi 26 orang TKA Cina. Mereka direkrut kontraktor asing di PT Semen Grobogan. Praktis perpanjangan retribusinya nanti menjadi tanggungjawab pihak kontraktor.
‘’Juni 2019 kami baru akan memperpanjang masa kerja TKA itu di PT Semen Grobogan. Dan bulan itulah kami akan melunasi retribusi perpanjangannya ke Dinas Tenaga Kerja Grobogan,’’ ujar Tonny.
Namun yang direkrut kontraktir PT Semen Grobogan, akan diperpanjang sendiri secara bertahap oleh kontraktor tersebut mulai Juni 2019 dan seterusnya. (syam/TN)



PT Semen Grobogan di Sugihmanik Tanggungharjo Bantah Tak Bayar Retribusi TKA PT Semen Grobogan di Sugihmanik Tanggungharjo Bantah Tak Bayar Retribusi TKA Reviewed by samsul huda on January 15, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD