Ganggu Penataan Drainase, Pohon Penghijauan Jalan Suprapto Purwodadi Dipotong - GROBOGAN TOP NEWS

Ganggu Penataan Drainase, Pohon Penghijauan Jalan Suprapto Purwodadi Dipotong



GROBOGAN (TopNews.Com)  - Proyek perbaikan drainase dan trotoar di Jalan R Suprapto Purwodadi, Grobogan (Jateng), terpaksa memotong beberapa pohon penghijauan di jalan itu. Hal ini dilakukan karena akar pohon tersebut menutup lubang drainase. Sehingga mengganggu pemasangan kotak pengaman drainase.
Pemotongan itu sudah seizin Dinas Lingkungan Hidup. Pihak dinas memotong sendiri pohon tersebut dan kemudian mengangkutnya ke TPA Ngembak.
Belum diketahui berapa denda yang dikenakan pada pelaksana proyek drainase tersebut. Sebelumnya beberapa pengusaha yang akan memotong pohon penghijauan di Jalan R Suprapto Purwodadi dikenakan denda tanam kembali 100 pohon yang sama.  Bahkan denda jutaan rupiah.
Pemotongan pohon itu sebelumnya sudah dibahas Komisi C DPRD dengan dinas terkait dan PKL di DPRD.  Sementara itu, paving yang terpasang di atas drainase sebelah barat, telah selesai dibongkar habis. Barangnya langsung diamankan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) untuk diserahkan ke Bagian Aset Pemkab Grobogan.
‘’Oleh Bagian Aset, rencananya paving bekas itu, akan dilelang. Namun kapan lelangnya sepenuhnya menjadi kewenangan Bagian Aset,’’ kata Sekretaris Dinas PUPR Endang Sulistyoningsih di Purwodadi, kemarin.
Proyek itu dikerjakan PT  Reka Esti Utama Semarang. Proyek tersebut bersumber dari Dana Bantuan APBD Provinsi Jateng 2018 sebesar Rp 8,25 miliar.  
Bersamaan itu, drainse Alun-alun juga diperbaiki. Namun sistemnya tidak seperti yang ditangani PT Esti. Tidak diketahui teknis perbaikannya sama dengan PT Esti atau tidak. Sampai kemarin pihak pelaksana hanya membongkar kolom-kolom pengontrol dan kemudian membersihkan endapan lumpur di dalamnya.
Proyek ini bersumber dari dana APBD 2018 sebesar Rp 1,95 miliar dikerjakan CV Karya Santoso Desa Karangsari, Kecamatan Brati.  (syam/TN)

Ganggu Penataan Drainase, Pohon Penghijauan Jalan Suprapto Purwodadi Dipotong Ganggu Penataan Drainase, Pohon Penghijauan Jalan Suprapto Purwodadi Dipotong Reviewed by samsul huda on October 14, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD