Air Waduk Kedungombo Digelontorkan Untuk Pembasahan Sawah 25 September 2018 - GROBOGAN TOP NEWS

Air Waduk Kedungombo Digelontorkan Untuk Pembasahan Sawah 25 September 2018






GROBOGAN (TopNews) – Sebagian petani di lahan irigasi teknis di Kabupaten Grobogan saat ini mulai mempersiapkan musim tanam (MT) 1 untuk padi.  Hal ini seiring bakal dibukanya  Waduk Kedungombo pada 25 September 2018.
‘’Pada tanggal itu, air Waduk Kedungombo mulai digelontorkan kembali untuk pertanian,’’ kata beberapa kelompok petani pemakai air di daerah irigasi (DI) jaringan irigasi Kedungombo di Grobogan (Jateng), Selasa (18/9/2018).
 Bersamaan itu Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Grobogan membagikan bantuan peralatan dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani aktif di daerah itu. Mengapa demikian ? Sebab masih banyak didapati kelompok tani yang tidak aktif. Tetapi kalau ada bantuan pemerintah dalam bentuk Alsintan, benih, pupuk dan obat-obatan mereka mengaku aktif.
Bantuan Alsintan itu diberikan dalam bentuk 35 hand traktor dan 15 unit pompa air.  Bantuan tersebut diberikan untuk menunjang masa tanam Oktober 2018 - Maret 2019.
Kabid Penyuluhan dan Sarpras Pertanian Dinas Pertanian Grobogan Latifawati mengatakan, bantuan itu berasal dari Kementerian Pertanian. Bantuan tersebut diberikan untuk kelompok tani katagori sehat. Yaitu mereka yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian.
Ia berharap bantuan itu dapat mendorong petani melakukan percepatan tanam padi. Ditambahkan, bantuan tersebut diberikan kelompok tani yang mempunyai lahan garapan 50-70 hektare. (syam/TN)

Air Waduk Kedungombo Digelontorkan Untuk Pembasahan Sawah 25 September 2018 Air Waduk Kedungombo Digelontorkan Untuk Pembasahan Sawah 25 September 2018 Reviewed by samsul huda on September 18, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD