Korban Tewas Akibat Gempa Lombok Capai 321 Orang, Diperkirakan Bertambah - GROBOGAN TOP NEWS

Korban Tewas Akibat Gempa Lombok Capai 321 Orang, Diperkirakan Bertambah


TOPNEWS.COM - Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi 7 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali hingga Jumat (10/8) siang tercatat 321 orang. Demikian dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, kemarin.
Dari jumlah korban tewas itu, 273 di antaranya dari  Lombok Utara, 26 orang Lombok Barat,  11 orang Lombok Timur,  7 orang Kota Mataram, 2 Lombok Tengah, dan 2 Kota Denpasar.
‘’Jadi totaolnya ada sebanyak 321 orang meninggal. Jumlah korban ini semuanya sudah diverifikasi,’’ ujar Sutopo.
Jumlah korban itu, katanya, bisa bertambah karena masih ada laporan tambahan jumlah korban meninggal dunia yang masih memerlukan verifikasi. Sementara itu, tim SAR gabungan Basarnas, TNI, Polri, Kementerian ESDM dan relawan masih menyisir dan melakukan evakuasi terhadap korban yang lain.
Mengenai jumlah pengungsi dikatakan, sampai Jumat kemarin ada sebanyak 270.168 jiwa pengungsi yang tersebar di ribuan titik. Jumlah pengungsi diperkirakan bertambah mengingat belum semua terdata dengan baik. Di beberapa tempat dilaporkan masih terdapat pengungsi yang belum menerima bantuan terutama di Kecamatan Gangga, Kayangan, dan Pemenang di bukit-bukit dan desa terpencil.
Untuk mengirim bantuan ke wilayah-wilayah terpencil, bantuan didistribusikan dengan menggunakan 3 helikopter dari BNPB dan Basarnas sejak Kamis (9/8), hingga sekarang. Bantuan dari darat terus disalurkan, dengan melibatkan relawan dari komunitas pecinta mobil dan masyarakat yang memiliki kendaraan untuk membantu distribusi bantuan.
Data sementara kerusakan rumah mencapai 67.875 unit rumah. Dari hasil analisis citra satelit terlihat kerusakan bangunan masif terjadi di Kabupaten Lombok Utara. Hampir 75 persen permukiman hancur dan rusak karena wilayah itu paling dekat dengan pusat gempa dan menerima guncangan gempa dengan intensitas VII MMI. (syam/TN).Top of Form

Korban Tewas Akibat Gempa Lombok Capai 321 Orang, Diperkirakan Bertambah Korban Tewas Akibat Gempa Lombok Capai 321 Orang, Diperkirakan Bertambah Reviewed by samsul huda on August 10, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD