PT Tradha Pengepul Fee Proyek Dari Para Kontraktor di Pemkab Kebumen - GROBOGAN TOP NEWS

PT Tradha Pengepul Fee Proyek Dari Para Kontraktor di Pemkab Kebumen


JAKARTA (TopNews.Com) -  PT Tradha milik Bupati Kebumen Muhamad Fuad Yahya diduga juga sebagai pengepul fee proyek-proyek APBD dan APBN di Kabupaten Kebumen, Jateng. Uang yang diterima dari para kontraktor di lingkungan Pemkab itu, mencapai Rp 3 miliar.
‘’Untuk menghindari sangkaan hukum, uang itu seolah-olah diterima sebagai  piutang para kontraktor,’’ kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (18/5/2018).

Uang-uang yang didapat dari proyek itu, baik berupa uang operasional, keuntungan dalam operasional maupun pengembangan bisnis PT Tradha kemudian bercampur dengan sumber lainnya dalam pencatatan keuangan PT Tradha. Sehingga memberikan manfaat bagi PT Tradha sebagai keuntungan maupun manfaat lainnya untuk membiayai pengeluaran atau kepentingan pribadi Mohamad Yahya Fuad, baik pengeluaran rutin seperti gaji, cicilan mobil maupun keperluan pribadi lainnya.
"Penyidik akan terus menelusuri jika ada informasi dugaan penerimaan atau pengelolaan uang hasil korupsi lainnya," ujar Syarif.
PT Tradha disangkakan melanggar Pasal 4 dan/atau Pasal 5 Undang-Undang Nomor. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
Penetapan tersangka kepada PT Tradha ini merupakan pengembangan dari penyidikan kasus yang telah menjerat Yahya Fuad. Sebelumnya dia menjadi terdakwa dalam kasus dugaan penerimaan suap terkait pengadaan barang dan jasa dana APBD Kabupaten Kebumen TA 2016.
Selain itu, dia juga diduga menerima gratifikasi dari fee sejumlah proyek senilai Rp 2,3 miliar. Jumlah tersebut berasal dari 5-7 persen komitmen fee yang disepakati setiap proyek.
Sejak ditangani KPK April 2018, PT Tradha telah mengembalikan Rp 6,7 miliar yang diduga merupakan bagian dari keuntungan PT Tradha dari proyek yang telah dikerjakan. (syam/TN)

PT Tradha Pengepul Fee Proyek Dari Para Kontraktor di Pemkab Kebumen PT Tradha Pengepul Fee Proyek Dari Para Kontraktor di Pemkab Kebumen   Reviewed by samsul huda on May 18, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD