Bom Pantekosta Surabaya Dilakukan Dita Dengan Menabrakkan Mobilnya ke Gereja - GROBOGAN TOP NEWS

Bom Pantekosta Surabaya Dilakukan Dita Dengan Menabrakkan Mobilnya ke Gereja


JAKARTA (TopNews.Com) – Bom di Surabaya, Jatim, mengejutkan banyak pihak. Karena dua hari berturut-turut, 3 gereja, halaman Mapolresta dan rumah susun Rusunawa di daerah itu, dibom hingga memakan banyak korban.
Berikut kronologi mengeboman itu. Bom pertama meledak pukul 07.30 WIB di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara, Surabaya. Lima menit kemudian bom kedua meledak di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di Jalan Arjuno dan tidak lama bom meledak di gereja GKI di Jalan Diponegoro.
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pelaku yang menyerang Gereja Pantekosta Pusat Surabaya menggendarai Mobil Avanza. Dia adalah Dita, bapak pelaku bom di Gereja GKI. Dita melakukan serangan bom bunuh diri dengan cara menabrakkan mobil yang dikemudikan ke Gereja Pantekosta.
Sebelum melakukan aksinya, Dita terlebih dahulu mengantar isteri dan dua anak perempuannya di Gereja GKI Jalan Diponegoro.
"Perempuan itu meninggal di tempat kejadian. Dia bernama Puji Kuswati. Kemudian anaknya yang perempuan berumur 12 tahun dan Pamela Rizkita (9 tahun juga meningggal," kata Kapolri Tito.
Di lokasi ledakan ketiga di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, kata Kapolri, pelakuanya adalah dua laki-laki yang juga merupakan putera dari Dita.
Putera dari Dita, yang satu namanya Yusuf Fadil, usianya 18 tahun. Dan Firman, usianya 16 tahun.
Esoh harinya bom bunuh diri terjadi di halaman Mapolrestabes Surabaya. Sedikitnya sepuluh korban luka-luka.Terdiri dari empat orang personil Polri dan enam warga sipil, Senin (14/5/2018).
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barun mengatakan, empat personil Polri yang menjadi korban luka-luka dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.
Demikian pula dengan enam masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan di Polrestabes Surabaya sudah dirujuk ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan medis.
"Ada juga masyarakat yang terluka. Masyarakat yang terluka ada enam orang," kata Kombes Frans.
Polda Jawa Timur menjelaskan bom meledak di luar area Mapolrestabes Surabaya, Senin (14/5/2018) pukul 08.50 WIB. Kombes Frans Barung menjelaskan pelaku yang membawa sepeda motor dan membonceng seorang perempuan, meledakkan bom di palang pintu masuk Mapolrestabes.
Bom Surabaya itu menewaskan sedikitnya 14 orang, enam di antaranya pelaku. Sedangkan yang menderita luka-luka mencapai 43 orang. Mereka dirawat di RS Bhayangkara dan beberapa rumah sakit lainnya di Surabaya. (syam/TN)



Bom Pantekosta Surabaya Dilakukan Dita Dengan Menabrakkan Mobilnya ke Gereja Bom Pantekosta Surabaya Dilakukan Dita Dengan Menabrakkan Mobilnya ke Gereja   Reviewed by samsul huda on May 15, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD