Meski Masih Mengandung Lumpur, Uji Coba Proyek IPA PDAM Segera Diakhiri - GROBOGAN TOP NEWS

Meski Masih Mengandung Lumpur, Uji Coba Proyek IPA PDAM Segera Diakhiri

GROBOGAN (TopNews) – Uji coba proyek instalasi pengolahan air (IPA) PDAM di Sambak Danyang, Purwodadi, Grobogan, Jateng,  segera diakhiri. Rencananya, Sabtu (24/2/2018) hari ini pihak PDAM mengakhiri uji coba itu. Belum diketahui hasil evaluasi dari uji coba tersebut. Sebab Tim Teknis PDAM masih melakukan pengkajian.
‘’Yang pasti ketika uji coba proyek IPA itu berakhir, Tim Teknis langsung melakukan pengkajian terhadap kelayakan di tingkat pelanggan dari air baku yang diolah menjadi air bersih,’’ kata Dirut PDAM Grobogan Bambang Pulunggono, kemarin.
IPA itu dibiayai dari Penyertaan Modal APBD 2017 sebesar Rp 7,1 miliar. Proyek ini mengalami keterlambatan batas waktu yang ditentukan dalam kontrak, yaitu  20 Desember 2017. Sehingga PT Mario Karya Abadi Semarang selaku pelaksana proyek itu, mengajukan perpanjangan ke PPKom selama 50 hari, meski dengan resiko terkena denda Rp 355 juta.
Sesuai perjanjian kontrak kerja, proyek itu dimulai 29 Juli dan selesai 20 Desember 2017. Tepat 8 Februari 2018, proyek IPA tersebut rampung dikerjakan 100 prosen.
Air yang didistribusikan IPA baru itu, harus memenuhi standar kesehatan. Yaitu dalam keadaan bersih, jernih dan bebas dari kandungan lumpur. Sehingga Tim Kesehatan menyatakan, air tersebut layak untuk mandi, cuci dan minum. Hanya bila dikosumsi untuk minum dianjurkan supaya direbus lebih dulu hingga matang. Sehingga bebas dari kandungan kapur.
Dirut PDAM Grobogan Bambang Pulonggono mengatakan, dari pengamatan sementara, bahwa air baku Kedungombo yang diolah di IPA baru itu, sudah memenuhi standar sebagai air bersih. Sebab kandungan lumpurnya sudah dapat dipisahkan melalui mesin pengolah.
Namun ia mengakui, air yang didistribusikan ke pelanggan masih belum bebas dari lumpur. Diduga hal itu akibat tercemar pipa-pipa distribusi yang menuju rumah-rumah pelanggan. Sebab pipa-pipa tersebut sudah berumur tua dan sudah waktunya diganti.  (syam/TN)


Meski Masih Mengandung Lumpur, Uji Coba Proyek IPA PDAM Segera Diakhiri Meski Masih Mengandung Lumpur, Uji Coba Proyek IPA PDAM Segera Diakhiri Reviewed by samsul huda on February 23, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD