Wapres JK: Stok Beras Bulog Tidak Boleh Kurang Dari 1 Juta Ton - GROBOGAN TOP NEWS

Wapres JK: Stok Beras Bulog Tidak Boleh Kurang Dari 1 Juta Ton


 JAKARTA  (TopNews) – Wakil Presiden (Wapres ) Jusuf Kalla (JK) mengatakan,  pemerintah terpaksa impor beras 500.000 ton ke Vietnam dan Thailan. Pertimbangannya  adalah harga beras  di tingkat eceran makin mahal karena stok nasional minim. Belum lagi stok beras di Perum Bulog  kurang dari 1 juta ton.
‘’Impor itu untuk menambah stok Bulog. Dan dalam keadaan apa pun, cadangan tidak boleh kurang dari 1 juta ton. Nah ini kebutuhan pangan 200 juta penduduk musti harus cepat diperhatikan. Cara tercepat ya impor ini. Dan perlu saya luruskan juga  yang mengimpor itu Bulog, bukan PPI,’’ kata Wapres JK di Istana Wapres Jalan Veteran Jakarta, Senin (15/1/2018)
Menurutnya,. Impor adalah cara cepat untuk mengisi kekosongan stok beras di Bulog yang hanya  tersisa 936 ribu ton. Impor beras 500.000 ton sama artinya dengan yang dibutuhkan untuk konsumsi secara nasional  selama seminggu.
‘’Jangan lupa kosumsi kita per bulan 2,5 juta ton. Jadi  hitungannya hanya konsumsi seminggu tapi cadangannya harus ditambah, diperkuat,’’ jelasnya.
Menurut JK, impor beras itu tidak akan merugikan petani. Sebab beras ini akan diprioritaskan untuk cadangan beras Bulog saja. Pemerintah sudah mempertimbangan banyak hal sebelum keputusan impor beras dilakukan. Misalnya masa panen raya yang akan berlangsung di Bulan Februari dan Maret 2018.
‘’Bulog harus punya cadangan di atas 1 juta ton. Itu rumusnya. Begitu di bawah 1 juta ton, ya impor,’’ kata wapres JK. (syam/TN)


Wapres JK: Stok Beras Bulog Tidak Boleh Kurang Dari 1 Juta Ton Wapres JK: Stok Beras Bulog Tidak Boleh Kurang Dari 1 Juta Ton Reviewed by samsul huda on January 16, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD