Bersamaan Panen Raya, Gubernur Ganjar Pranowo Minta Impor Beras Ditinjau Ulang - GROBOGAN TOP NEWS

Bersamaan Panen Raya, Gubernur Ganjar Pranowo Minta Impor Beras Ditinjau Ulang


BANJARNEGARA (TopNews) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kebijakan mengimpor beras ditinjau ulang. Sebab, masuknya 500.000 beras impor dari Vietnam dan Thailan ke Indonesia, termasuk ke Provinsi Jateng, merugikan petani karena bersamaan dengan panen raya.
"Barusan saya telepon Mentan, kemarin juga sudah kita laporkan ke Presiden Joko Widodo agar kita menghitung betul cadangan beras nasional kita, ketika cadangan itu kita anggap cukup, maka saya minta rastra segera diturunkan, operasi pasar (OP) dilakukan," kata Ganjar di sela-sela melakukan kunjungan kerja di Pasar Kota Banjarnegara, Selasa (16/1/2018).
Dia mengklaim, provinsi Jawa Tengah sudah swasembada beras, sehingga dia merasa beras impor itu, tidak perlu masuk ke Jateng. "Kita dorong daerah di luar Jateng yang butuh, monggo saja untuk dipenuhi, tapi saran saya kalau Jateng sudah swasembada beras sehingga masih cukup, gak usahlah impor beras," ujarnya.
Dia meminta Dinas Pertanian Provinsi Jateng memastikan daerah yang akan panen pada Februari dan Maret 2018 sebagai perhitungan stok cadangan beras. Setelah diketahui jumlah cadangan beras di Jateng, Bulog diminta langsung melakukan tindakan yang diperlukan, terutama di sentra-sentra yang mengalami kenaikan harga beras cukup fluktuatif.
Ganjar juga meminta Bulog menyediakan perangkat untuk mengeringkan gabah yang dibeli dari petani sehingga dari petani bisa dibeli dalam kondisi seperti yang ada pada Peraturan Menteri Pertanian. Tak hanya itu, dia berharap agar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama pihak kepolisian turun tangan mencegah adanya oknum yang memainkan harga beras.
Ini kata Ganjar, mesti dihitung betul, kalau impor beras terjadi dan dua bulan lagi turun atau masuk ke tanah air.
‘’Saya khawatir masuknya impor beras pas panen rata sehingga harga beras nanti jatuh lagi, kita coba antisipasi berdasarkan pengalaman kemarin,’’ kata Ganjar. (syam/TN)
Bersamaan Panen Raya, Gubernur Ganjar Pranowo Minta Impor Beras Ditinjau Ulang Bersamaan Panen Raya, Gubernur Ganjar Pranowo Minta Impor Beras Ditinjau Ulang Reviewed by samsul huda on January 17, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD