Bamsoet Resmi Dilantik Jadi Ketua DPR - GROBOGAN TOP NEWS

Bamsoet Resmi Dilantik Jadi Ketua DPR


JAKARTA (TopNews) – Ketua Komisi III dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto dalam rapat paripurna dewan yang diselenggarakan, Senin (15/1/2018) pukul 16.00 WIB.
Pelantikan Bamsoet itu, dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Ia mengatakan, berdasarkan dua surat yang berasal dari DPP Golkar dan Fraksi Golkar, pimpinan dewan membahas sesuai mekanisme untuk mengagendakan pemberhentian dan penetapan Ketua DPR.
"Selanjutnya kami akan menanyakan, apakah pergantian Ketua DPR dari Fraksi Golkar dari Setya Novanto kepada Bambang Soesatyo dapat disetujui," kata Agus kepada forum rapat paripurna. Forum menjawabnya setuju.
Anggota Fraksi Demokrat Michael Wattimena mengajukan interupsi sebelum palu diketok tanda persetujuan. "Kami mohon dengan kerendahan hati mudah-mudahan dalam internal waktu tiga tahun kita sudah punya tiga Ketua DPR. Ini tidak lazim," kata Wattimena.
Wattimena mengatakan, DPR harus menjaga marwah lembaga dan representasi rakyat. Ia juga memohon agar Bamsoet tidak memangkas hak yang sudah ditetapkan keputusan periode sebelumnya.
Setelah interupsi, Bamsoet kemudian dilantik dengan dipandu Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan rohaniwan.
Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ikut menghadiri pelantikan Bamsoet. Turut hadir sejumlah mitra kerja Komisi III DPR seperti Wakapolri Komjen Syafruddin, Jaksa Agung HM Prasetyo dan mitra kerja lainnya. Seperti diketahui, bahwa Bamsoet merupakan Ketua Komisi III DPR saat ini.
Sebelum dilantik sebagai Ketua DPR, rapat pimpinan fraksi pengganti Badan Musyawarah membahas surat masuk dari Fraksi Golkar termasuk menjadwalkan pelantikan Bamsoet di rapat paripurna.
Pada pagi harinya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto secara resmi mengumumkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto di ruang Fraksi Golkar.
Airlangga mengatakan, dari sejumlah nama yang beredar di publik, semuanya disebut layak menduduki posisi Ketua DPR seperti Ketua Banggar DPR Aziz Syamsuddin, Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali yang sudah disebutkan sebelumnya.
Penunjukan Bamsoet juga dikomunikasikan dengan Dewan Pembina, Dewan Pakar dan sesepuh Partai Golkar.
"Setelah diadakan komunikasi dalam lingkungan strategis dan politik, maka saudara Bambang Soesatyo yang ditetapkan mengisi jabatan Ketua DPR setelah Pak Setya Novanto," katanya. (syam/TN)
Bamsoet Resmi Dilantik Jadi Ketua DPR Bamsoet Resmi Dilantik Jadi Ketua DPR Reviewed by samsul huda on January 15, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD